FRANS SUMARTO MENDUR

8f379-frans-mendoer

FRANS SUMARTO MENDUR

Frans Soemarto Mendur (lahir tahun 1913 – meninggal tahun 1971 pada umur 57/58 tahun) adalah salah satu dari para fotografer yang mengabadikan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945. Bersama saudara kandungnya, Alex Mendur, mereka turut mengabadikan persitiwa bersejarah ini[butuh rujukan].

Frans Mendur bersama Alex Mendur, Justus Umbas, Frans “Nyong” Umbas, Alex Mamusung dan Oscar Ganda, kemudian mendirikan IPPHOS (Indonesia Press Photo Service) pada 2 Oktober 1946.

Peran               :

  1. Sebagai fotografer pengabadi detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 bersama abangnya yang bernama Alexius Impurung Mendur.
  2. Mengabadikan peristiwa penting sekitar proklamasi yang terdiri dari tiga foto dari tiga frame film yang tersisa. Foto tersebut meliputi :
  • Foto pertama, Soekarno membaca teks proklamasi.
  • Foto kedua, pengibaran bendera Merah Putih oleh Latief Hendraningrat, anggota PETA
  • Foto ketiga, suasana upacara dan para pemuda yang menyaksikan pengibaran bendera.
  1. Bergabung dengan IPPHOS (Indonesia Press Photo Services).

 

Keteladanan    :

  1. Keberanian

Dibuktikan dengan Mendur bersaudara mengendap-endap ke rumah Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Cikini, Jakarta. Sebab waktu itu Patroli tentara Jepang masih berkeliaran dan berenjata lengkap

  1. Kecerdikan

Dibuktikan dengan Frans mengabadikan detik detik proklamasi, bayangkan kalau Frans gagal memotret. Jangan-jangan proklamasi kemerdekaan kita hanya berlalu dari mulut ke mulut.

 

Nama Anggota            :

  • Ayu Budi Warsiti (07 / XI IPA 4)
  • Prima Syahri R ( / XI IPA 4)
  • Aprilian Hurus Setya W. ( 06 / XI IPA 4)

 

 

 

Tinggalkan komentar